Penting diplomasi antariksa

Diplomasi antariksa sekarang ini berbeda jauh dari sejak awalnya keberadaannya pada Perang Dingin yang penuh kebutuhan politik persaingan perebutan dampak Block Barat dan Block Timur dalam perlombaan capai antariksa untuk mendapatkan prestise.

Sekarang diplomasi keantariksaan penting karena aktivitas ini tidak bisa dilaksanakan sendirian oleh satu negara dan berharga ekonomi tinggi yang diikuti dengan mengembangnya industri antariksa swasta.

Antariksa sebagai ruangan dan didalamnya yang ada di luar Ruangan Udara yang melingkari dan melingkupi Ruangan Udara. Lewat cara natural kehadiran antariksa diawali pada sekitaran 100-110 km di permukaan laut.

Antariksa sebagai daerah bersama umat manusia yang dipakai secara damai pada prakteknya memerlukan tehnologi tinggi, ongkos mahal, resiko besar, dan bermanfaat double. Dengan keadaan ini cuma negara maju yang bisa mengeksploitasinya secara luas.

Walau sebenarnya antariksa simpan kekuatan banyak sumber daya alam material seperti asteroid dan non-material seperti slots orbit.

Beberapa negara bisa manfaatkan antariksa untuk menolong kehidupan di Bumi misalkan lewat satelit penginderaan jauh, navigasi, komunikasi, dan yang lain.

Disamping itu, negara lakukan visi antariksa-dalam untuk ketahui sumber kehidupan di benda antariksa alami selainnya Bumi.

Negara berkembang memerlukan kerja-sama untuk keantariksaannya karena kebatasan kepenguasaan tehnologi antariksa.

Begitu juga negara maju sebenarnya memerlukan kerja sama dengan negara berkembang situs slot online untuk penjejakan satelit, dan kegiatan keantariksaan yang lain melalui batasan yurisdiksi negaranya.

Indonesia sudah jamin pendayagunaan antariksa untuk kebutuhan semua negara dalam UU No. 21 Tahun 2013 mengenai Keantariksaan. Kita sukses mensponsori ASEAN outlook on Indo-Pacific pada 23 Juni 2019 untuk jamin kestabilan teritori secara inklusif dan jadi basis kerja-sama teritori di beberapa bidang.